Halaman

Rabu, 05 Oktober 2022

Pengalaman mendaftar PGP

Pendidikan Guru Penggerak atau disingkat PGP adalah pendidikan untuk mencetak para pemimpin pembelajaran. Saat ini Program PGP sudah hampir memasuki angkatan yang ke 10. Para pesertanya adalah guru-guru yang telah memiliki pengalaman mengajar di atas 5 tahun dan memiliki akun SIMPKB. Pendaftaran PGP dilakukan dengan cara mengunggah berkas-berkas seperti KTP, SK Pembagian Tugas, Surat Ijin Atasan, RPP, Surat Rekomendasi dari rekan sejawat, dll. Melalui akun SIMPKB. Selain mengunggah berkas, Pendaftar PGP juga diharuskan melengkapi Curriculum Vitae (CV) dan menulis jawaban atau essai yang terdiri atas 5 pertanyaan beranak pinak dengan jawaban essai yang diharuskan memiliki jumlah karakter bervariasi antara 500-7000 tanpa ada nya unsur plagiarisme. 


Proses seleksinya, terdiri dari dua tahapan yaitu tahap satu berupa pengisian CV dan Essai. Kemudian tahap dua yaitu simulasi mengajar selama 10 menit, dan wawancara selama sekitar 60 menit. Selama proses seleksi, dari mulai pendaftaran sampai pengumuman kelulusan seleksi tahap dua, Para pesertanya belum bisa menyandang sebutan Guru Penggerak. Bahkan ketika mereka sudah mulai menjalani Pendidikan Guru Penggerak, status mereka adalah masih sebagai Calon Guru Penggerak (CGP).

Saya sendiri sudah beberapa kali mendftar CGP. Pertama kali saya mendaftar CGP angkatan ke 5 di penghujung tahun 2021 sekitar bulan Oktober atau November. Waktu itu saya mengisi CV dan Essai dan hasilnya saya lolos seleksi tahap satu tersebut. Namun sayang setelah seleksi tahap dua di awal tahun 2022, saya dinyatakan tidak lolos CGP Angkatan 5.

Selang beberapa bulan kemudian, telah dibuka kembali pendaftaran CGP Angkatan yang ke 7. Sayapun kembali ikut mendaftar, namun gagal lolos pada seleksi tahap satu.

Terakhir di bulan september tahun 2022 ini, Kemendikbudristek telah membuka kembali CGP untuk angkatan 8, 9, 10 secara serentak dengan kuota yang melimpah. Kali ini sayapun mencoba peruntungan untuk mendaftar kembali. Kemarin tanggal 30 September 2022 jam 23.59 WIB adalah batas waktu terakhir pendaftaran dan saya sendiri telah selesai mengirimkan berkas pendaftaran melalui SIMPKB beberapa hari sebelum tanggal penutupan.

Konon, Sertifikat yang didapat melalui proses Pendidikan Guru Penggerak Selama 6-9 Bulan ini merupakan salah satu syarat bagi seorang guru untuk menjadi seorang Kepala Sekolah. Mengingat keadaan saya sekarang, saya sendiri sebetulnya tidak terlalu berharap banyak akan bisa menjalani PGP dengan baik apabila lolos seleksi tahap kedua nantinya. Namun paling tidak saya sudah pernah ada usaha untuk mengikutinya dan sepercik harapan untuk sedikit menerangi dunia pendidikan itu masih ada. Sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar positif nya